Keanggotaan New Naratif #4

Header Membership
Jadi bagian dalam komunitas Asia Tenggara.

Sebagai sebuah hub untuk demokrasi, New Naratif berfokus pada penguatan komunitas. Jadilah anggota dari komunitas New Naratif dan bagikan narasi Indonesia ke Asia Tenggara!

Menggaungkan suara kelompok marjinal di Indonesia.

Slide 1
Salah satu misi penting New Naratif adalah untuk mengamplifikasi suara kelompok marjinal.

Mereka adalah pekerja domestik, kelompok LGBTQ+, warga difabel, komunitas orang asli, warga Papua Barat, orang Indonesia Tionghoa, para perempuan, dan banyak lainnya. Suara-suara ini telah lama dipinggirkan oleh pemerintah dan media arus utama.

Melalui berbagai liputan mendalam, kami mengangkat cerita pengalaman mereka yang terpinggirkan oleh masyarakat. Efeknya pun amat hebat. Artikel kami tentang Merri Utami, pekerja domestik Indonesia yang dituduh menjadi pengedar narkoba dan dijatuhi hukuman mati, membuat para pembaca menandatangani petisi yang akhirnya membantunya mendapatkan grasi. Hal ini tidaklah mudah.

Slide 2

New Naratif menerbitkan artikel panjang, laporan penelitian, komik, dan serial podcast tentang Indonesia yang jumlahnya terus bertambah; menggaungkan suara-suara mereka yang termarjinalkan dan mengangkat isu yang jarang didiskusikan oleh media arus utama. Berikut ini adalah daftar bacaan ringan dari koleksi kami:

The Fight for Reproductive Rights in Indonesia
The Fight for Reproductive Rights in Indonesia

Salah satu episode di serial podcast kami, Southeast Asia Dispatches, yang meliputi RUU Kesehatan, hak-hak reproduksi, dan sistem kesehatan untuk para trans.

The Indonesian Police’s Obsession with Tear Gas
The Indonesian Police’s Obsession with Tear Gas

Artikel panjang kami tentang brutalitas polisi di Indonesia.

Jangan Biarkan Mereka Membunuh Ibu Saya: Risau
Jangan Biarkan Mereka Membunuh Ibu Saya: Risau

Serial komik kami Don’t Let Them Kill My Mother, menceritakan kisah Merri Utami yang dituduh menjadi pengedar narkoba.

Reclaiming Dignity, Reasserting Agency: Female Labour Migration in Indonesia
Reclaiming Dignity, Reasserting Agency: Female Labour Migration in Indonesia

Artikel riset kami yang mendalami perspektif lain mengenai migrasi perempuan dari Indonesia.

No Smoke Without Fire
No Smoke Without Fire

Liputan tentang kualitas udara yang memburuk di Sumatra, Indonesia.

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow

Komunitas yang bertumbuh.

Selain menerbitkan publikasi yang mengamplifikasi narasi kelompok marjinal, New Naratif aktif menghubungkan setiap individu dari berbagai negara di Asia Tenggara yang memiliki kepedulian atas komunitasnya. 

New Naratif secara rutin mengadakan acara daring dan luring seperti /ba.ca/ with New Naratif, grup baca bulanan kami; Democracy Classroom, ruang untuk mendiskusikan isu-isu kompleks; serta berbagai aktivitas lain untuk membuat warga Asia Tenggara makin berdaya untuk membuat perubahan positif di wilayah ini. Acara-acara ini diselenggarakan untuk memupuk semangat kolektif serta membuat para peserta makin berdaya dengan bekal-bekal penting yang dibutuhkan untuk menjadi anggota masyarakat yang aktif. Kamu juga bisa menjadi bagian dari perubahan positif di Indonesia dan Asia Tenggara. Bergabunglah untuk mengakses ini semua — dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki semangat yang sama di seluruh Asia Tenggara!

Bantu kami membangun komunitas yang berdaya di Asia Tenggara.

Pergerakan hanya kuat jika para penggeraknya juga kuat.

Menggaungkan suara yang termarjinalkan dan membangun komunitas yang sadar politik adalah tugas yang berat dan hanya bisa dicapai dengan kerja keras. Beberapa waktu lalu kami sempat mendapatkan serangan dari pemerintah karena liputan-liputan kritis kami, yang akhirnya membuat kami mengalami kesulitan finansial. Dalam dunia dengan sistem ekonomi ini, menjadi individu yang tetap setia dengan ideologi terasa jauh seperti impian kosong. Kami adalah lembaga swadaya masyarakat, namun dengan dukungan dari anggota kami, New Naratif bisa terus beroperasi. Kami pun makin kuat dengan setiap tantangan yang kami hadapi.

Bergabung sebagai anggota New Naratif dengan pembayaran Rupiah.

Akses awal ke publikasi terbaru dan akses penuh ke arsip New Naratif.

Surat kabar mingguan khusus anggota berisi konten eksklusif.

Hak voting untuk menentukan arah liputan kami.

Akses kepada acara-acara, lokakarya, dan kelas khusus anggota. Akses eksklusif untuk /ba∙ca/ dengan New Naratif.

Transparansi Pembayaran

New Naratif menghargai transparansi dan kami ingin kamu melakukan keputusan pembayaran berdasarkan informasi yang seimbang. Mohon diingat bahwa beberapa metode pembayaran menarik biaya transaksi dengan jumlah yang berbeda-beda. Kami menghimbau kamu memilih metode pembayaran dengan persentase komisi terendah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang biaya transaksi berdasarkan metode pembayaran yang kamu pilih, kunjungi Xendit.

Di New Naratif, tujuan kami adalah membuka akses untuk semua orang. Baru-baru ini kami memperkenalkan skema pembayaran keanggotaan menggunakan mata uang Rupiah serta metode pembayaran yang aksesibel untuk menerima Rupiah, secara eksklusif untuk anggota komunitas Indonesia kami. 


Tidak mampu membayar keanggotaan?

Dalam visi kami mengenai Asia Tenggara, tak ada seorangpun yang ditinggalkan. Jika kamu tidak mampu membayar keanggotaan, tulis surel kepada kami untuk mendapatkan keanggotaan tersponsor lewat sponsorship [at] newnaratif [dot] com atau isi formulir di sini.


Sering Ditanya

Mengapa ada program keanggotaan New Naratif khusus Indonesia?

Akses adalah salah satu prioritas New Naratif, dan program keanggotaan khusus negara adalah salah satu langkah yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Biaya hidup di negara-negara Asia Tenggara berbeda satu sama lain, dan kami ingin agar semua orang dari semua latar belakang bisa turut mengambil manfaat dari konten dan acara kami.

Kami melakukan riset tentang harga terbaik dan metode pembayaran paling aksesibel untuk pemirsa kami di Indonesia. Jika kamu punya masukan, silakan tulis kepada kami lewat memberships [at] newnaratif [dot] com. Program keanggotaan Indonesia hanyalah permulaan. Kami berharap bisa membuat program keanggotaan New Naratif khusus negara-negara lain di masa yang akan datang.

Apakah hanya orang Indonesia atau orang yang tinggal di Indonesia yang boleh bergabung dengan program keanggotaan ini?

Betul. Hanya orang dengan akses ke metode pembayaran Rupiah yang tersedia yang boleh menjadi anggota lewat program ini.

Jika kamu tidak dapat mengakses metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi keanggotaan umum kami.

Bagaimana New Naratif mendapatkan dana?

New Naratif utamanya didanai oleh biaya keanggotaan, hibah, dan donasi. Kegiatan operasional kami tidak bergantung pada iklan. Dengan cara ini, kami memastikan bahwa prioritas kami tertambat pada orang-orang yang penting bagi kami: para anggota.

Apa saja manfaat menjadi anggota New Naratif?

Dengan menjadi anggota, kamu bisa:

  • Mendukung suara-suara keberagaman di Asia Tenggara
  • Mendukung seniman Asia Tenggara
  • Mendukung cerita-cerita lintas batas atau yang dikisahkan lewat perspektif yang berbeda dari media arus utama yang dikendalikan pemerintah
  • Mendukung liputan yang aksesibel untuk isu-isu penting di Asia Tenggara
Aku ingin menjadi anggota namun aku tidak mampu bayar. Apa yang harus aku lakukan?

Jangan khawatir. Kami tidak meninggalkan siapa pun di belakang. Jika kamu tidak mampu membayar keanggotaan, tulis permintaan keanggotaan tersponsor lewat sponsorship [at] newnaratif [dot] com.

Apakah New Naratif menerima donasi?

Donasi amat berarti bagi kami dan kami akan menerima semua bentuk bantuan yang bisa kami dapatkan. Kami amat menghargai donasi berapa pun jumlahnya, dan kontribusimu tidak akan terabaikan.

Pembatalan

Di Fase 1 dan 2, kamu hanya perlu membayar keanggotaan sekali. Keanggotaanmu tidak akan diperpanjang dan akan berakhir sesuai dengan jangka waktu yang dipilih. Oleh karena itu, keanggotaan yang dibeli dalam fase ini tidak bisa dibatalkan. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, silakan hubungi [email protected].

Penafian Keanggotaan

Terima kasih telah bergabung dalam gerakan untuk mendemokratisasi demokrasi di Asia Tenggara! Tim kami kecil, jadi mohon bersabar sembari kami memproses keanggotaanmu dalam waktu 2 -3 hari kerja. Kamu akan menerima email dari kami setelah keanggotaanmu dibuat. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, hubungi kami melalui email di memberships [at] newnaratif [dot] com.